Our Blog

Garuda Wisnu Kencana



    Pasti gak asing kan dengan patung ini? Ya, ini patung "Garuda Wisnu Kencana" . Mau tau siapa yang membuat patung ini?

      Ini dia, bapak I Nyoman Nuarta yang sekarang berusia 62 tahun. Beliau lulusan ITB dan pernah memenangkan  Lomba Patung Proklamator Republik Indonesia. Di antara banyak karyanya yang menjadi kebanggaan Indonesia adalah Monumen Jalesveva Jayamahe di Surabaya dan Monumen Proklamasi Indonesia di Jakarta.

       Kembali lagi ke patung buatan beliau, Garuda Wisnu Kencana.


      Ada yang tau? ternyata patung ini akan memiliki tinggi 75 meter dengan lebar 66 meter. Bahan pembuatnya terdiri dari tembaga dan kuningan untuk kulit patung. Stainless steel di bagian rangka kulit patung. Serta stainless steel dan Galvanize untuk rangka pengaku kulit patung.
       Pembuatan patung yang dimulai sejak tahun 1997 ini sempat tertunda karena masalah dana. Sehingga vakum dari tahun 2003-2012, pantas banyak orang sering berkata "kenapa patung ini gak jadi jadi?''. Kini sejak Januari 2013, Bapak I Nyoman Nuarta mulai melanjutkan pembuatan patung tersebut. 
      Bersama investor baru bapak Alam Sutera, pak I Nyoman meyakini patung Garuda Wisnu Kencana akan selesai sebelum 2016 berakhir. “Saat ini pekerjaan sudah mencapai 50 persen,” ujar I Nyoman Nuarta di NuArt Scuplture Park, Sutra Duta Kencana, Sarijadi-Bandung. ”Dan kita masih punya dua tahun lebih. Tapi saya yakin satu tahun lagi selesai.”

     Semangat buat Bapak I Nyoman Nuarta, semoga bisa menyelesaikan patung Garuda Wisnu Kencana ini dan menjadi patung yang terbesar di Indonesia :) 

 #sumber: Yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Chondhro Designed by Templateism | MyBloggerLab Copyright © 2014

chond's blog. Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.