Our Blog

Carlos Juan Finlay

#InfoPertama

Di pos pertama saya ini, saya akan membahas secara singkat tentang google mengenang Carlos Juan Finlay


      Carlos Juan Finlay lahir di Kuba tepatnya pada provinsi Camagüey pada tanggal 3 Desember 1833 dan beliau wafat ketika beliau berumur 81 tahun karena penyakit stroke yang dideritanya yang disebabkan oleh cedera otak yang parah di Havana, Kuba.
      Carlos Juan Finlay adalah seorang ahli fsika dan ilmuan dari negeri asalnya, yang membuat teori bahwa demam kuning disebarkan oleh nyamuk. Pada tahun 1853 beliau menimba ilmu di Jefferson Medical College, Philadelphia, Pennsylvania, kemudian beliau lulus pada tahun 1855. Beliau melanjutkan studinya di Havana, dan di Paris. Setelah beliau menyelesaikan studinya tersebut, kemudian beliau menetap di Havana, dan membuka praktek medis.
      Finlay ditunjuk oleh pemerintah Kuba pada 1879 untuk bekerja dengan seorang warga Amerika Utara untuk meneliti penyebab demam kuning dan dua tahun kemudian dikirim sebagai delegasi Kuba ke International Sanitary Conference kelima di Washington DC.
      Di konferensi itu, dia mendesak penelitian terhadap vektor demam kuning dan kemudian menyatakan bahwa pembawa penyakit ini adalah nyamuk Culex fasciatus, yang sekarang dikenal dengan nama Aedes aegypti.
      Saat pasukan Amerika Serikat (AS) Yellow Fever Board tiba di Kuba pada 1900, dia memaparkan teorinya tentang  nyamuk itu. Hipotesis dan bukti yang dipaparkan Finlay dikonfirmasi oleh kepala pasukan, dokter militer AS Walter Reed, sehingga demam kuning bisa dibasmi dan ratusan nyawa dari generasi ke generasi terselamatkan sepanjang Amerika Selatan, Karibia, Afrika dan Amerika Serikat bagian selatan.
      Seperti yang dinyatakan oleh Jenderal Leonard Wood, seorang ahli fisika dan gubernur militer di Kuba dilansir oleh The Guardian. “Konfirmasi terhadap teori Dr. Finlay adalah sebuah langkah hebat yang dibuat di bidang ilmu medis semenjak penemuan vaksin oleh Jenner,” ujarnya

       


1 komentar:

Chondhro Designed by Templateism | MyBloggerLab Copyright © 2014

chond's blog. Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.