Our Blog

PILIH MAKANAN UNTUK MENCEGAH KEGEMUKAN

#Info Ke-3  
      Kegemukan bisa terjadi karena keturunan, atau tidak bisa mengontrol pola makan. Kegemukan atau biasa yang disebut obesitas berakibat fatal jika diteruskan. Kegemukan bisa mengakibatkan timbulnya penyakit diabetes, penyakit jantung, darah tinggi, hingga kanker.
      Diet ekstrim juga tidak baik, karena bisa mengganggu sistem pencernaan dalam tubuh. Dengan olahraga teratur dan mengatur pola makan adalah hal yang aman untuk menjaga tubuh tetap ideal.
   
      Untuk mencegah kegemukan, kita harus bisa memilih makanan dengan GI yang rendah. Jika kalian bertanya, apa itu GI? GI (Glycemic Index) adalah nilai dalam skala 0–100 yang menunjukkan seberapa cepat suatu makanan/minuman menaikkan kadar gula darah setelah dikonsumsi. Ia terbagi menjadi tiga kelas, yaitu rendah, menengah dan tinggi. Sebuah makanan dikatakan memiliki GI rendah (low GI), jika bernilai di bawah 55. Sementara, makanan dengan GI 56-69 masuk kategori menengah, dan di atas itu termasuk tinggi.
     Makanan dengan low GI adalah yang terbaik untuk tubuh. Karena makanan akan lebih lama dicerna oleh tubuh, dan gula yang dihasilkan dilepas secara perlahan ke dalam darah. Dampaknya, peningkatan kadar gula darah terjadi secara perlahan dan relatif lebih stabil. Sehingga, kita akan merasa kenyang lebih lama hal ini turut memungkinkan kita menjaga pola makan.

Inilah beberapa makanan yang mempunyai skala GI yang rendah :



1. Beras Merah

http://blog.sedapur.com/wp-content/uploads/2011/12/beras-merah.gif 

2. Roti Gandum

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhjP7ANqGvsrWvt0UNIBTE91DQz6xGyWuTdRyzqm41hv3RGir4K7Abvz4FU5CzYqzw8z6YzJO-8sjdRnL5hu56kz57Shx5KKmsnksAEvgIqAcj6m85NGFYzJE7RjrTplqjwavx4EhxZTNGL/s1600/whole+wheat+bread.jpg

3. Kedelai
Sehat dengan Makanan Low GI 

4. Walnut
Walnut makanan mengandung glycaemic index (GI) yang rendah/pingminghealth.com 

5. Ikan


6. Buah - buahan yang mengandung banyak air
                  *contoh: semangka

 7. Sayuran yang berserat

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhql63zaUVWjrvTL6OgTamwGWp2jecgVe39PNuMaHbRZdaYjWAtJpRnIqIAsv_HMhIQTLw1twCXVqL2NV5_c8R7qnZKY3toOFHnh50w-x0VyApWkWVt7Sy9bA8s4KVyWaSngohQKDvSHVc/s400/Mengatasi+Benci+Makan+Sayuran.jpg

2 komentar:

  1. Bagus sekali artikelnya..
    Selain mengatur pola makan, jangan lupa juga berolahraga agar tubuh semakin sehat & bugar.

    BalasHapus

Chondhro Designed by Templateism | MyBloggerLab Copyright © 2014

chond's blog. Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.